Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Obesitas

Kalkulator Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Obesitas

Pemanfaatan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil obesitas mempunyai banyak manfaat. Sebagaimana diketahui, saat mengandung, penambahan berat badan memang hal yang diperlukan. Namun, apabila berat badan ibu sudah tergolong obesitas, sebaiknya ibu tidak terus-terusan menambah berat badan. Sebab, hal yang demikian ini bisa berbahaya bagi bayi dan ibu yang bersangkutan.

Lalu, apa saja manfaat dari kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil obesitas ini? Penjelasan lengkapnya bisa Anda jumpai di bawah ini:

1.            Mengetahui Kenaikan Berat Badan Ideal

Dengan mengerti bahwa ibu mengalami obesitas, maka ibu menjadi tahu berapa kenaikan berat badan ideal saat mengandung sampai melahirkan. Hal ini menyebabkan ibu bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi. Pola makan pun bisa dijaga dengan baik.

Akan lebih bagus lagi manakala ibu juga mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur. Kegiatan ini bisa menjadikan badan semakin sehat, sehingga dapat memperkecil risiko terjadinya berbagai penyakit yang timbul setelah melahirkan.

2.            Ibu dan Bayi Bisa Selalu Sehat

Pada uraian sebelumnya, telah disebutkan bahwa kenaikan berat badan ideal bisa membuat ibu terhindar dari risiko penyakit yang mungkin muncul. Karenanya, baik ibu maupun bayi bisa selalu sehat. Pertumbuhan bayi pun dapat berjalan secara optimal.

Selain itu, saat ibu mengalami obesitas, alangkah baiknya untuk melakukan diet. Namun, bukan berarti diet ekstrim yang justru dapat melukai bayinya. Diet yang dimaksudkan adalah memperketat makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, ibu memilih makanan yang memiliki gizi seimbang. Termasuk juga di dalamnya sayur dan buah. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi air putih dengan cukup.

3.            Memperlancar Proses Persalinan

Obesitas yang terjadi pada ibu bisa memicu terjadi lambatnya persalinan. Yang mana kondisi yang demikian ini akan menyakitkan bagi ibu dan bayinya. Maka dari itu, dengan mengetahui kenaikan berat badan ideal melalui kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil obesitas, ibu bisa mencapai berat ideal yang seharusnya.

Karenanya, diharapkan tidak akan terjadi proses persalinan yang sulit. Ibu menjadi dapat melahirkan secara lancar.

4.            Memperkecil Risiko Terjadinya Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional merupakan penyakit yang berkemungkinan besar terjadi pada ibu hamil yang mengalami obesitas. Yang mana penyakit ini bisa berpengaruh dalam banyak hal. Termasuk juga ibu dan bayinya. Supaya diabetes gestasional ini tidak terjadi, sebaiknya ibu hamil mencapai kenaikan berat badan ideal sampai melahirkan.

Hal tersebut dapat menjadikan ibu dan bayi berada dalam kondisi sehat sampai proses persalinan berlangsung. Karena itu, jangan sampai ibu yang tergolong obesitas mengalami kenaikan berat badan yang melebihi kenaikan idealnya. Sebab, kondisi tersebut akan sangat berbahaya.

5.            Menghindari Terjadinya Preeklampsia

Preeclampsia terjadi ketika tekanan darah ibu sangat tinggi saat melahirkan, serta adanya protein pada urin. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh semua ibu hamil. Demi kesehatan ibu dan bayi, saat mengalami obesitas, maka sebaiknya tidak makan sembarangan. Artinya, pola makan dan apa yang dimakan harus dijaga sepenuhnya. Olahraga juga menjadi aspek yang sangat disarankan untuk dilakukan.

Dengan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil obesitas, ibu menjadi tahu berapa kenaikan berat badan ideal yang seharusnya dilakukan ketika hamil. Karenanya, baik ibu maupun janin bisa selalu sehat. Proses persalinan pun dapat dilaksanakan tanpa hambatan. Dengan demikian, akan sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi.

Kesehatan