5 Jurusan Yang Bisa Jadi Pilihan Di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 mulai digaungkan di Indonesia beberapa tahun belakang ini. Jika kamu pikir ini hanya komoditas politik, sayangnya kamu keliru. Kenyataannya industri 4.0 ini benar-benar ada (bahkan sudah didepan mata) dan Indonesia memiliki peluang besar mengambil peran dalam revolusi teknologi ini.

Sebuah saran baik untuk kamu karena info pendaftaran kuliah sudah dimulai,  yang hendak memilih jurusan kuliah dapat disesuaikan tren Industri 4.0 dan kebutuhan kerja dimasa yang akan datang. Berikut ini 6 Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Tren Revolusi Industri 4.0

 

  1. Jurusan sistem informasi (Software Engineering)

Dengan adanya smartphone sangat memungkinkan keterhubungan antar individu secara lebih baik dan kompleks. Bukan sekedar kebutuhan komunikasi saja. Namun bisa untuk belanja, transportasi, hiburan, perbankan, pesan makanan, hingga bisa untuk cari jodoh.

Orang yang membuat dan mengembangkan aplikasi tersebut disebut developer aplikasi. Untuk menjadi seperti itu, mereka perlu memiliki kemampuan algoritma dan logika yang kuat. Jika kamu ingin menjadi developer aplikasi, maka bisa memilih kuliah jurusan Sistem Informasi dengan peminatan Software Engineering. Nantinya mahasiswa akan dibekali cara membuat aplikasi. Tentunya sebuah aplikasi yang berguna aktivitas manusia sehari-hari.

 

  1. Jurusan sistem informasi (Business Intelligence)

Sama seperti poin nomor 2, yakni masih di jurusan sistem informasi. Namun dengan peminatan Business Intelligence. Berkaitan dengan pengolahan data dan pemasaran.

Di balik perusahaan yang mengumpulkan data, ada yang namanya profesi Data Scientist yang bertugas mengolah data tersebut. Sekedar informasi, juara Masterchef 2020 Eric Harijanto juga berprofesi sebagai Scientist. Seorang Data Scientist harus tahu menganalisis data secara mendalam dan mampu berpikir secara kritis. Kemampuan demikian didapat dan dipelajari dalam kuliah dengan jurusan Sistem Informasi dengan peminatan Business Intelligence.

 

  1. Memilih jurusan IT in Business

Setelah adanya Developer dan Scientist. Di era revolusi industri 4.0 yang diproyeksikan akan dipenuhi dengan perangkat gawai yang semakin memudahkan hidup manusia. Perusahaan kekinian yang sering disebut Startup ini juga akan membutuhkan sumber daya manusia yang kemampuan berbisnis dalam balutan digital yang mumpuni.

Di Indonesia sendiri ditargetkan akan memiliki 1000 startup digital pada 2020. Tentu membutuhkan keterlibatan banyak talenta yang memiliki kemampuan berbisnis yang berkolaborasi dengan teknologi. Ilmu semacam ini bisa didapat dengan memilih peminatan IT in Business pada jurusan kuliah Sistem Informasi.

 

  1. Matematika

Perlu kamu tahu, menjadi lulusan Matematika tidak seperti persepsi sempit sebagian masyarakat umum yang berpikir hanya berkutat menjadi pengajar dan buka les Matematika. Kenyataan tidak sesempit itu.

Pada era Revolusi Industri 4.0 lulusan Matematika merupakan salah satu yang paling dibutuhkan. Perusahaan akan membutuhkan lulus jurusan Matematika yang memiliki kemampuan menghitung tabel, diagram, dan grafik dengan jeli. Para lulusan Matematika nantinya akan ditugaskan untuk membantu mengolah dan menganalisis segala kebutuhan perusahaan yang berkaitan dengan data.

 

  1. Statistika

Profesi Analis Data, Spesialis Kecerdasan Buatan, Spesialis Big Data, Pengembang dan Analisis Perangkat Lunak serta Aplikasi, Profesional Inovasi, Analis Informasi Keamanan dan Analisis lainnya yang berhubungan dengan sistem informasi secara digital. Itu merupakan deretan  profesi yang diproyeksikan akan berkembang pesat sebesar 33 persen pada tahun 2022 berdasarkan survey yang dilakukan oleh World Economic Forum.

Secara benang merah kelihatan bahwa profesi dimasa depan akan berbasiskan data. Maka itu akan memerlukan banyak ahli statistika yang memiliki keahlian statistik deskriptif, peluang, analisis varian, regresi, korelasi, analisis kuantitatif.

Demikian 5 Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Tren Revolusi Industri 4.0 dapat kamu jadikan pertimbangan. Sedikit tips agar kamu gak salah pilih jurusan kuliah, maka kamu harus memperbanyak mencari informasi.

Pendaftaran Universitas Tarumanegara sudah mulai dibuka untuk tahun 2020 ini. Universitas ini menggunakan layanan goKampus sebagai media pendaftaran secara online. Hal ini tentu memudahkan kamu sebagai calon mahasiswa.

Penerimaan mahasiswa baru jadi semakin praktis dan tidak membuang-buang waktu. Waktu kamu yang ruangan bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan perkuliahan sebaik-baiknya.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*